PEMULIHAN ENDOMETRIOSIS

Endometriosis atau kista merah adalah suatu kondisi misterius yang semakin sering terjadi pada wanita.  Endometriosis adalah salah satu bentuk penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan darah di dinding-dinding rahim atau endometrium.  Endometriosis semakin meningkat di kalangan wanita karir  terutama sekali jika secara psikologis situasi pekerjaan tersebut  menuntut adanya kompetisi baik kompetisi yang terjadi antar pekerja maupun kompetisi yang terjadi di dalam diri pekerja wanita tersebut seperti misalnya di satu pihak ia ingin menjadi ibu bagi anak-anaknya tetapi situasi pekerjaan membuat dia tidak bisa menjadi ibu.  Pada jam-jam makan sebenarnya  ia ingin masak makanan yang baik bagi dirinya dan anak-anaknya tetapi kondisi pekerjaan mengharuskan dia untuk makan makanan yang telah disiapkan tanpa mengetahui  makanan itu terbuat dari apa, apakah makanan tersebut  berasal dari daging yang dibesarkan dengan hormon pertumbuhan atau tidak, bumbu masaknya apa, cara memasaknya bagaimana,  dstnya..

Kayu Ksela atau Entada scandens, tanaman obat penting Sumbawa untuk memngatasi endometriosis, yang perlu dikombinasikan dengan pola makan minum sehat dan penguatan kondisi psikologis

PENYEBAB 

Endometriosis dapat  terjadi karena:

  1. Masalah pada saluran pencernaan seperti pada usus halus, usus besar, dan lambung sehingga mikroorganisme yang seharusnya selalu berada di dalam saluran pencernaan keluar dari tempatnya dan masuk ke dalam rahim.
  2. Infeksi indung telur atau ovarium.
  3. Pelemahan fungsi organ hati wanita.
  4. Faktor psikologis.

Faktor ini  terjadi antara ketika seorang kurang bisa menerima atau tidak bisa menerima keadaan fisik dan psikisnya secara utuh bahwa dia seorang wanita dengan segala konsekwensi kewanitaannya sehingga dia berusaha keras untuk lepas dari kondisi tersebut dengan berbagai cara yang kadang-kadang sangat berbahaya. Misalnya ketika seorang wanita tidak bisa menerima payudaranya yang kecil, maka dia akan melakukan upaya rekonstruksi payudara sesuai dengan yang dia inginkan. Atau dia tidak ingin direpotkan dulu dengan kehadiran anak, maka dia akan menunda kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi yang tidak tepat yang berbahaya bagi kesehatan indung telur tersebut.  

  1. Faktor makanan dan minuman.

Faktor ini sangat dominan dalam membuat kerusakan pada indung telur karena indung telur sangat rentan terhadap bahan-bahan kimia seperti pemanis buatan, pewarna, pengawet, penyedap rasa yang ada di dalam makanan dan minuman, bahan kemasan produk,  jenis produk apakah produk alami atau produk transgenik atau genetic engineered product (GE), dan proses pengolahan produk.

  1. Faktor lingkungan.

Faktor ini dapat berupa lingkungan kerja yang penuh toxin, mendapat paparan sinar lampu yang terang pada malam hari,  radiasi gelombang listrik dan elektromagnetik,  dan effek samping pengobatan jangka panjang.  

  1. Faktor genetika.

Faktor ini paling kecil kontribusinya. Jika mengidap endometriosis jangan langsung menyalahkan keturunan, lihat dan pelajari faktor-faktor lainnya terlebih dahulu. Jika memangada faktor genetika, berarti faktor genetika tersebut telah berkembang menjadi endometriosis setelah mendapat dukungan dari faktor-faktor lain.

  1. Infeksi mikroorganisme.

Endometriosis biasanya menimbulkan rasa sakit pada wanita, dan rasa sakit ini biasanya dilawan atau ditekan dengan obat penghilang rasa sakit sehingga lambat laun rasa sakit tersebut akan semakain menyebar ke wilayah pinggang. Kondisi ini akan semakin memperburuk keadaan sehingga endometriosis akan memancing gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan pada ginjal, hematologi darah serius, pembengkakan ginjal, lemah jantung, gula darah rendah, asam urat kronis, dan penyakit lupus.   

TANDA-TANDA

Untuk mengetahui secara pasti tentang ada tidaknya endometriosis, lakukan pemeriksaan ke dokter ahli kandungan jika mulai dirasakan ada tanda-tanda yang tidak lazim pada perubahan tubuh. Endometriosis ini tidak hanya terjadi pada wanita dewasa tetapi juga pada remaja putri. Tanda-tanda dugaan adanya endometriosis antara lain:

  1. Pucat
  2. Menjelang datang haid asam lambung naik, pinggul sangat sakit, perut di bawah pusar sakit, kadang-kadang pingsan, atau payudara sangat sakit.
  3. Haid secara terus menerus.
  4. Sakit pada saat melakukan hubungan seksual padahal tidak sedang menggunakan spiral atau kondom padahal telah melakukan pemanasan yang cukup dan telah terjadi pelumasan pada dinding-dinding vagina sebelum melakukan penetrasi.
  5. Tidak bisa hamil atau infertilitas.

PENANGANAN 

Jika dari pemeriksaan medik terdiagnosa mengidap endometriosis maka ada beberapa pilihan pelayanan kesehatan yang bisa ditempuh yaitu:

  1. Pelayanan bersama dokter medik yang dapat dalam bentuk pemberian obat-obatan kimia, kiret, dan operasi pengangkatan rahim.
  2. Pelayanan bersama dokter-dokter non medik seperti dokter naturopati, dokter DOM, dan dokter Ayurveda.   
  3. Pelayanan dengan Medobura Naturopati bersama Spanaturo

Pelayanan ini hadir sebagai bentuk pelayanan kesehatan cara lain secara organik naturopati jika pelayanan-pelayanan medik tidak menjadi pilihan penderita endometriosis.

Penanganan medik adalah penanganan yang langsung tertuju kepada endometriomanya, bukan kepada penyebab penyakitnya sehingga resiko untuk bertumbuh dan berkembangnya bentuk-bentuk penyakit lain sangat terbuka.  Upaya mengatasi endometrioma dapat dilakukan secara medik dalam bentuk:

1.   Pemberian obat-obatan

2.   Penyedotan kista coklat

3.   Operasi pengangkatan kista coklat

4.   Operasi pengangkatan ovarium.

PEMULIHAN

Pemulihan endometriosis dapat dilakukan bersama Medobura Sumbawa (Terapi Medoras), yaitu Pengobatan Naturopati Herbal Analitik Terpadu (Integrative and Naturopathic Herbalism Medicine) yang merupakan tradisi pemulihan penyakit, pencegahan kekambuhan penyakit, dan seni pemeliharaan kesehatan Sumbawa yang menggabungkan berbagai pendekatan secara terpadu.   

Program pemulihan terpadu Medoras Spanaturo merupakan penggabungan tradisi luhur seni pemulihan penyakit Sumbawa yang berbasis penggunaan tanaman-tanaman obat unggulan (Lolo Kayu) dengan pendekatan kedokteran naturopati oriental yang dibangun berdasarkan ilmu kedokteran, psikologi kesehatan, nutrisi dan keamanan pangan, pola hidup sehat, farmakologi tumbuh-tumbuhan, dan didukung oleh adanya bukti-bukti kesembuhan (evidences-based).

Penanganan terpadu diberikan dalam bentuk:

  1. Analisa data-data medis penderita penyakit.
  2. Penguatan kondisi psikologi melalui pemberian edukasi komprehensif tentang penyakit dan bentuk-bentuk penanganan penyakit berdasarkan ilmu kedokteran baik kedokteran allopati (western medicine - medis), maupun kedokteran naturopati dan kedokteran oriental.
  3. Makanan sehat dan menyehatkan, tentang pilihan bahan makanan,  cara memasak, bumbu masak, alat memasak, alat makan minum, dan contoh-contoh menú makanan sehari-hari.
  4. Pola hidup sehat yang dapat menunjang proses pemulihan penyakit.
  5. Ramuan herbal organik dalam bentuk simplisia murni (Herbal NagaVit Exclusif) untuk direbus sendiri dan air rebusannya diminum sesuai petunjuk. Formula ramuan dibuat sedemikian rupa setelah melakukan analisa menyeluruh terhadap rekam medik. 

Untuk itu kami  menyediakan Buku Saku yang memuat tentang terapi psikologi, daftar makanan sehat dan contoh-contoh menu makanan, dan pola hidup. Buku Saku akan dikirim bersama dengan paket ramuan murni organik ke alamat Anda masing-masing.

Medobura Sumbawa (Medoras) bersama Spanaturo telah terbukti effektif membantu mempercepat proses penyembuhan endometriosis dan komplikasi endometriosis.

LAMA TERAPI

Lama terapi berbeda antara satu orang dengan orang lain tetapi berdasarkan pengalaman empiris bahwa terapi terpadu hanya berlangsung selama satu bulan, setelah itu terapi lanjutan secara mandiri dengan cara mengikuti petunjuk seperti tertulis di dalam Buku Saku Endometriosis untuk mencegah kekambuhan dan juga mencegah penyakit-penyakit organ reproduksi wanita lainnya. 

MENCEGAH KEKAMBUHAN ENDOMETRIOSIS SETELAH DIKIRET

Setelah endometriosis dikiret secara medik, kekambuhan dapat terjadi. Kekambuhan dapat dalam bentuk penyakit yang sama seperti sebelumnya atau penyakit-penyakit lainnya, bahkan dapat dalam bentuk kanker endometrium atau kanker rahim. Kekambuhan endometriosis dapat terjadi karena:

  1. Ketidaktahuan tentang makanan sehat dan menyehatkan untuk mencegah kekambuhan.
  2. Faktor psikologis.
  3. Pola hidup.

Untuk mencegah kekambungan endometriosis, maka adalah mutlak bahwa penyakit intinya harus ditangani. Dengan memulihkan infeksi usus, ovarium, dan penurunan fungsi hati maka bukan saja endometriosisnya yang dapat dicegah kekambuhannya tetapi juga berbagai bentuk penyakit lain seperti tumor jinak payudara dan mioma akan dapat dicegah kemunculan dan pertumbuhannya. 

CHRISTIANE NORTHRUP, M.D. DENGAN ENDOMETRIOSISNYA

Seperti beliau tulis di dalam bukunya Women’s Bodies, Women’s Wisdom
Terbitan 2006  

Dokter Christiane Northrup adalah seorang dokter ahli obstetrik dan ginekolgi atau dokter Sp.OG. di Amerika Serikat, dan beliau juga menderita endometriosis yang harus mengikuti prosedur medik standar untuk endometriosis berupa operasi dan penggunaan obat-obatan.  Tetapi karena beliau bergerak dari operasi yang satu ke operasi yang lainnya  untuk dirinya sendiri, di satu pihak beliau harus berdiri sempurna di depan pasien-pasiennya yang mengidap penyakit ginekologi seperti endometriosis, sementara di pihak lain beliau harus berbaring tidak berdaya di atas meja operasi karena menderita endometriosis. Kondisi ini membuat beliau bertanya tentang Apa yang salah dengan dirinya, dan dengan medik barat, dan dengan kekambuhan endometriosisnya.  Pertanyaan-pertanyaan ini membuat beliau bergerak untuk menemukan jawabannya. Jawababan-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut beliau dapatkan setelah menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Kedokteran Ketimuran  di China. Dan dari sanalah beliau mendapatkan ilmu bahwa Endometriosis adalah bukanlah penyakit yang sesungguhnya tetapi hanyalah salah satu bentuk penyakit yang terjadi dari satu penyakit tunggal yaitu Infeksi Ovarium. 

TATA CARA MENGIKUTI TERAPI

Peserta terapi tidak perlu datang ke alamat kami di Mataram Lombok. Cukup melakukan konsultasi jarak jauh dengan memanfaatkan sarana komunikasi yang ada seperti HP, telpon, BBM, WA, E-mail, dll.. Sebelum melakukan konsultasi, silahkan siapkan data-data medis seperti:

  • Hasil pemeriksaan lab darah.
  • Hasil pemeriksaan urin. 
  • Hasil USG.
  • Hasil CT-scan.
  • Hasil MRI
  • Dan data-data lainnya. 

Data-data medis ini sangat diperlukan untuk kepentingan pengambilan keputusan dan untuk menyusun detail penanganan termasuk pembuatan formula ramuan herbal. Ramuan herbal tidak dibuat sebelum ada hasil analisa terhdapa data-data medis karena ramuan herbal NagaVit Exclusif ini merupakan ramuan herbal obat organik analitik. 

Konsultasi: silahkan hubungi kami