PAYUDARA DAN KESEHATANNYA

Menjaga kesehatan payudara pada perempuan sangatlah penting dilakukan tidak hanya ketika terdapat kelainan pada payudara tetapi juga ketika tidak tampak kelainan langsung pada payudara tersebut. 

Payudara yang sehat bukanlah payudara yang padat berisi, tetapi payudara yang sehat adalah payudara yang selalu terjaga kesehatannya dan terhindar dari kelainan-kelianan. Payudara, indung telur, rahim, mulut rahim, dan vagina selalu saling berhubungan. Jika ada masalah pada salah satu organ maka akan muncul masalah pada organ yang lainnya.  Melindungi kesehatan payudara dari luar adalah penting, dan melindungi payudara dari dalam juga penting karena itu berarti juga menjaga kesehatan organ-organ reproduksi wanita lainnya, jantung, dan kekebalan tubuh.  


BEBERAPA KELAINAN PAYUDARA

Berikut ini adalah beberapa kelainan yang terdapat pada payudara yang dirangkum dari berbagai buku medik internasional. Jika terdapat kelainan maka kelainan tersebut dapat dirasakan langsung pada payudara itu sendiri, dan juga dapat dalam bentuk tanda-tanda tidak langsung.  Tanda-tanda langsung pada payudara dapat berupa:

  1. Mastitis atau radang
  2. Ujung puting pecah-pecah
  3. Ujung puting masuk ke dalam
  4. Payudara luka
  5. Payudara bengkak atau abses dan tegang padahal dalam kondisi sedang tidak menjelang datang haid dan tidak sedang mendapat rangsangan.
  6. Keluar darah lewat puting
  7. Kulit payudara mengkerut seperti kulit jeruk
  8. Kista atau kantung-kantung berisi cairan bening di payudara
  9. Penumpukan lemak dalam  jumlah berlebihan
  10. Tumor jinak atau fibroadenoma
  11. Tumor ganas atau kanker
  12. Tidak bisa pakai BH karena payudara sangat sakit ketika tersentuh BH atau tangan.

Tanda-tanda tidak langsung adalah tanda-tanda awal yang memberikan peringatan tentang adanya atau tentang akan terjadinya kelainan serius pada payudara jika tidak segera diperhatikan.  Tanda-tanda tidak langsung ini berhubungan erat dengan kwalitas ovarium atau indung telur. Tanda-tanda tersebut antara lain dapat berupa:

1.     Keputihan berlebihan

2.     Haid tidak lancar

3.     Jarang datang haid

4.     Darah haid sangat banyak tidak seperti biasanya

5.     Darah haid sangat bau

6.     Kram menjelang datang haid

7.     Kista atau kantung-kantung berisi cairan bening ovarium

8.     Endometrioma atau kista coklat ovarium

9.     Kehilangan keinginan untuk melakukan hubungan seksual

10.  Tidak perhatian dalam melakukan hubungan seksual

11.  Jerawat yang datang secara terus-menerus.  

PENYEBAB  

Menurut Christianne M.D., Sandra Cabot M.D., dan Clark N.D. bahwa kelainan payudara tidak terlepas dari penurunan kesehatan ovarium atau indung telur, hati, dan organ-organ pengatur sistem kekebalan tubuh. Ovarium memproduksi hormon-hormon kewanitaan, dan jika terjadi persoalan di dalam produksi hormon maka akan diseimbangkan oleh hati. Tetapi jika organ hati tidak berfungsi dengan baik maka akan terjadi gangguan kesehatan payudara, dan jika sistem kekebalan juga menurun maka gangguan kesehatan akan berubah menjadi penyakit serius seperti kanker payudara. 

Penurunan kwalitas ovarium, hati, dan sistem kekebalan dapat terjadi karena:

  1. Faktor makanan dan minuman
  2. Faktor lingkungan
  3. Penggunaan alat-alat kecantikan
  4. Faktor psikologis
  5. Faktor keturunan atau genetika
  6. Penggunaan obat-obatan seperti obat penghilang rasa nyeri haid, dan antibiotik
  7. Penggunaan pil KB, suntikan KB
  8. Pola hidup
  9. Infeksi mikroorganisme. 

Fakor-faktor tersebut mempengaruhi secara langsung ovarium, organ yang memproduksi berbagai hormon pada wanita seperti hormon estrogen, progesteron, steroid, andronstenedion, estradiol - hormon yang membantu mencegah osteoporosis atau pengroposan tulang pada wanita dan penyakit jantung, menjaga libido dan energi, dan hormon-hormon lainnya.

Faktor genetika atau keturunan mempunyai peranan yang paling kecil dan tidak akan memberikan pengaruh yang berarti jika tidak didukung oleh faktor-faktor lain terutama makanan dan minuman.  Oleh karena itu memelihara kesehatan  ovarium, hati, dan sistem kekebalan merupakan bagian penting di dalam sistem pemeliharaan kesehatan wanita baik wanita pada segala tingkatan umur.

KISTA DAN POLIKISTA PAYUDARA 

Menemukan rahasia kista payudara dan upaya penciptaan solusi organik naturopati terhadap kista payudara merupakan salah satu fokus kami selama bertahun-tahun. Observasi terhadap masalah kesehatan payudara, dan pembelajaran terhadap buku-buku medik yang ditulis oleh para pakarnya baik dokter medik (M.D) mau pun dokter-dokter lainnya  telah membuka tabir rahasia dibalik kista payudara sehingga membawa kami untuk menemukan pola-pola terpadu untuk mengatasinya. 

Menurut Christianne M.D. dokter ahli kebidanan dan genikologi Amerika Serikat, kista merupakan kantung (atau kantung-kantung) berisi cairan bening. Jika terdapat lebih dari satu kista maka dinamakan polikista.  Kista semakin sering terjadi pada wanita-wanita muda. Kemunculan kista di payudara merupakan awal yang tidak baik bagi kesehatan wanita secara keseluruhan jika tidak ditangai secara bijaksana karena dalam banyak kasus bahwa kista payudara biasanya juga diikuti oleh gangguan fungsi ginjal akibat dari penumpukan hormon estrogen di ginjal, tumor fibriod atau mioma, kista coklat atau kista bening ovarium.  

PENYEBAB 

Kista payudara dapat terjadi karena:

  1. Adanya peradangan di dalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi ovarium
  2. Adanya perubahan neuroendokrin yang timbul dari aktivitas interaksi antara lingkungan kita, persepsi-persepsi kita, hormon estrogen, progesteron, prolaktin, insulin, dll.
  3. Penurunan fungsi organ hati di dalam menjaga keseimbangan produksi hormon kewanitaan 
  4. Faktor makanan dan minuman
  5. Lingkungan seperti lingkungan tempat kerja, lingkungan tempat tinggal, dll.
  6. Pola hidup seperti pola hidup dalam hal penggunaan kontrasepsi, alat-alat masak, bahan-bahan kimia, dll.
  7. Faktor genetika
  8. Faktor psikologis seperti stress, tekanan jiwa, dll.
  9. Infeksi mikroorganisme.

PENANGANAN

Tergantung kepada jumlah dan ukuran kista, biasanya dokter medik akan melakukan penanganan dalam bentuk:

  1. Pemberiaan obat-obatan sambil melakukan observasi berkala
  2. Penyedotan cairan kista
  3. Operasi pengangkatan kista
  4. Atau mungkin operasi pengangkatan payudara jika dipandang perlu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan medik.

OPERASI KISTA PAYUDARA

Operasi pengangkatan kista payudara merupakan salah satu tindakan oleh dokter medik yang dapat dilakukan. Tergantung kepada jumlah dan ukuran kista, biasanya dokter medik akan melakukan penanganan dalam bentuk pemberiaan obat-obatan sambil melakukan observasi berkala, operasi pengangkatan kista, penyedotan kista, atau mungkin operasi pengangkatan payudara  jika dipandang perlu berdasarkan pertimbangan-pertimbangan medik konvensional.  Meskipun demikian sesuai dengan hasil studi kepustakaan kami terhadap litelatur-litelatur medik,  dokter-dokter berbeda pendapat tentang penanganan terhadap kista payudara tergantung kepada jenis dokter dan latar belakang pendidikannya.  

PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN SEBELUM OPERASI

Pengidap kista payudara perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan kista. Pertimbangan-pertimbangan tersebut adalah:

  1. Payudara mempunyai struktur yang sangat spesifik sehingga sangat sensitif terhadap segala bentuk sayatan, luka, benturan, dan perubahan hormon. Karena struktur payudara yang sangat sensitif, kami sering menemukan fakta tentang kemunculan kista payudara baru dan tumor jinak,  dan bahkan kanker payudara sebagai akibat dari luka sayatan pada payudara yang tidak pernah sembuh, atau bahkan dari tumor payudara yang bertumbuh dari bekas operasi.  
  2. Kista payudara bukanlah kanker payudara.
  3. Kista payudara memang menimbulkan rasa sakit pada payudara.
  4. Rasa sakit khususnya di payudara tidak akan hilang secara otomatis setelah kista diangkat.
  5. Jika tidak menggunakan obat-obatan, rasa sakit karena kista payudara juga terjadi di pinggung, pinggang, perut sebelah kiri, kepala (karena migren hormonal), detakan jantung lemah.
  6. Rasa sakit ini tidak akan hilang setelah penyedotan kista, pengangkatan kista, atau pengangkatan payudara.  
  7. Rasa sakit terjadi karena radang pada payudara sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon kewanitaan.
  8. Kista akan hilang dengan sendirinya pada masa menopause.
  9. Jika ingin segera mengatasi rasa sakit sekaligus menghilangkan kistanya dan juga mencegah munculnya kista baru dan penyakit-penyakit organ reproduksi wanita lainnya, maka tindakan  yang seharusnya dilakukan adalah operasi pengangkatan ovarium, tetapi operasi pengangkatan ovarium tidak dapat dilakukan jika tidak terdapat kelainan pada ovarium seperti kista, tumor, atau kanker misalnya. 
  10. Jika operasi pengangkatan ovarium yang dijalani,  maka wanita akan segera terlepas dari kista payudara, dan resiko untuk menderita penyakit-penyakit organ reproduksi lainnya. Tetapi wanita akan berpindah ke jalur cepat untuk segera menerima masalah kesehatan jangka panjang seperti menopause prematur, depresi, tekanan darah yang tidak stabil, percepatan pengeroposan tulang (osteoporosis), gangguan fungsi kelenjar tiroid, dan percepatan untuk menderita penyakit jantung koroner, dan kelainan pembuluh darah di jantung (kardiovaskular) dan di otak (cerebrovaskular) seperti pengerasan pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, dan penyumbatan pembuluh darah.

PERAWATAN ALAMI PAYUDARA SETELAH OPERASI KISTA PAYUDARA

Setelah operasi pengangkatan kista payudara dilakukan oleh dokter medik, maka tindakan-tindakan lanjutan biasanya dijalani secara berkala pasca operasi. Kita mungkin bertanya-tanya mengapa kista payudara dianjurkan bahkan diharuskan oleh beberapa dokter medik untuk diangkat melalui pembedahan?

Pembelajaan kami terhadap sistem medik memberikan jawaban bahwa pembedahan merupakan salah satu bentuk penanganan diemban oleh dokter medik untuk harus dikatakan kepada semua pengidap kista payudara. Jika dokter medik tidak mengatakannya maka itu sudah menyalahi aturan standar penanganan kista payudara secara medik konvensional, dan dokter medik akan menyalahi prosedur medik jika mengatakan hal-hal yang bertentangan dengan prosedur medik konvensional standar. Kita sebagai pasien tidak akan bersalah jika tidak mengikuti saran dokter medik  tersebut sekiranya kita mempunyai pertimbangan-pertimbangan lain termasuk pertimbangan tentang kemungkinan untuk menempuh perawatan cara lain.

Setelah operasi pengangkatan kista payudara dilakukan, kemungkinan untuk terjadi kekambuhan sangatlah besar, sama seperti kemungkinan terjadinya kekambuhan pada penyakit-penyakit genikologi lainnya seperti kista ovarium misalnya. Pertanyaannya adalah mengapa kekambuhan terjadi?

Alangkah bijaksana kita ketika setelah operasi pengangkatan kista payudara dilakukan dan luka sayat bekas operasinya sembuh, kita mengambil langkah-langkah untuk mencegah kekambuhan dengan cara memperbaiki organ-organ tubuh wanita yang tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga terjadi penurunan fungsi. 

PEMULIHAN

Pemulihan kista payudara, dan pencegahan kekambuhan kista payudara pasca operasi dapat dilakukan bersama Medobura Sumbawa (Terapi Medoras), yaitu Pengobatan Naturopati Herbal Analitik Terpadu (Integrative and Naturopathic Herbalism Medicine) yang merupakan tradisi pemulihan penyakit, pencegahan kekambuhan penyakit, dan seni pemeliharaan kesehatan Sumbawa yang menggabungkan berbagai pendekatan secara terpadu.

Terapi Medoras merupakan penggabungan tradisi luhur seni pemulihan penyakit Sumbawa yang berbasis penggunaan tanaman-tanaman obat unggulan (Lolo Kayu) dengan pendekatan kedokteran naturopati oriental yang dibangun berdasarkan ilmu kedokteran, psikologi kesehatan, nutrisi dan keamanan pangan, pola hidup sehat, farmakologi tumbuh-tumbuhan, dan didukung oleh adanya bukti-bukti kesembuhan (evidences-based).

Penanganan terpadu diberikan dalam bentuk:

  1. Analisa data-data medis penderita penyakit.
  2. Penguatan kondisi psikologi melalui pemberian edukasi komprehensif tentang penyakit dan bentuk-bentuk penanganan penyakit berdasarkan ilmu kedokteran baik kedokteran allopati (western medicine - medis), maupun kedokteran naturopati dan kedokteran oriental.
  3. Makanan sehat dan menyehatkan, tentang pilihan bahan makanan,  cara memasak, bumbu masak, alat memasak, alat makan minum, dan contoh-contoh menú makanan sehari-hari.
  4. Pola hidup sehat yang dapat menunjang proses pemulihan penyakit.
  5. Ramuan herbal organik dalam bentuk simplisia murni (Herbal NagaVit Exclusif) untuk direbus sendiri dan air rebusannya diminum sesuai petunjuk. Formula ramuan dibuat sedemikian rupa setelah melakukan analisa menyeluruh terhadap rekam medik. 

Untuk itu kami  menyediakan Buku Saku yang memuat tentang terapi psikologi, daftar makanan sehat dan contoh-contoh menu makanan, dan pola hidup. Buku Saku akan dikirim bersama dengan paket ramuan murni organik ke alamat Anda masing-masing.

Medobura Sumbawa (Medoras) bersama Spanaturo telah terbukti effektif membantu mempercepat proses penyembuhan kista dan sindrom poliksta payudara, dan mencegah kekambuhan kista setelah operasi.  

Panduan makanan sehat untuk pemulihan kista payudara

LAMA TERAPI

Lama terapi akan tergantung pada kondisi penderita, tetapi biasanya upaya pemulihan berlangsung antara 1 hingga 2 bulan. 

TATA CARA MENGIKUTI TERAPI

Peserta terapi tidak perlu datang ke alamat kami di Mataram Lombok. Cukup melakukan konsultasi jarak jauh dengan memanfaatkan sarana komunikasi yang ada seperti HP, telpon, BBM, WA, E-mail, dll.. Sebelum melakukan konsultasi, silahkan siapkan data-data medis seperti:

  • Hasil pemeriksaan lab darah.
  • Hasil pemeriksaan urin. 
  • Hasil USG.
  • Hasil CT-scan.
  • Hasil MRI
  • Dan data-data lainnya. 

Data-data medis ini sangat diperlukan untuk kepentingan pengambilan keputusan dan untuk menyusun detail penanganan termasuk pembuatan formula ramuan herbal. Ramuan herbal tidak dibuat sebelum ada hasil analisa terhdapa data-data medis karena ramuan herbal NagaVit Exclusif ini merupakan ramuan herbal obat organik analitik. 

Kista payudara bukanlah kanker payudara dan kista payudara tidak akan berkembang menjadi kanker payudara jika ditangani dengan cara-cara yang tepat. 

Konsultasi: Silahkan hubungi kami